Friday 27 March 2015

Belajar Corel Draw Moudl III

 
Belajar Corel Draw Modul III


MODUL PARKTIKUM III



A. MEMAHAMI PRIORITAS URUTAN OBJEK

Pengertian proritas objek di sini adalah objek mana yang akan muncul paling atas atau bawah jika terjadi penumpukan beberapa objek. Jika kita membuat banyak objek maka objek yang pertama kali dibuat akan berada pada tumpukan terbawah/terakhir sedangkan objek yang terakhir dibuat akan berada pada tumpukan teratas. Jika kita menginginkan objek yang kita buat muncul paling atas atau paling bawah atau mungkin bergeser satu tingkatan maka diberlakukan Stacking Order/urutan objek



B.  Memahami Pembuatan Ikon Sederhana.

Pada tutorial kali ini saya membagikan panduan membuat ikon Sederhana, Meskipun kelihatan sepele, ikon bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti untuk kartu nama, brosur, iklan, elemen dalam website atau blog dan lain-lain.


Gambar : Icon Alamat - Phone - Email

Pertama, kita buat ikon sederhana yang biasa ada pada Kartu Nama, antara lain ikon Tempat/alamat, Telepon, dan E-mail.

1.   Buka Corel Draw, Pertama kita membuat ikon tempat/alamat, klik Polygon Tool (Y), buat segitiga, jangan lupa ubah number pointnya menjadi tiga.


2.   Ubah arah rotasi sampai sudut lancip berada di bawah, caranya klik dua kali pada objek sampai muncul tanda rotasi, lalu putar objek.
3.   Buat objek lagi berbentuk elips, Klik Elips Tool (F7), drag sampai membentuk objek seperti
gambar di bawah.
4.   Arahkan objek elips yang baru kita buat pada bagian atas segitiga, usahakan objek elips ditempatkan secara proporsional seperti gambar di bawah.


5.   Seleksi kedua objek (elips dan segitiga) dengan menekan shift lalu klik kedua objek, Lalu gabungkan objek dengan Weld. Jika berhasil maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah;

6.   Seleksi kedua objek diatas dengan menekan shift lalu klik kedua objek, kemudian potong objek tersebut dengan Back Minus front untuk memotong bagian tengah objek dengan objek kecil yang diletakkan di tengah.

7.   Jika sudah, coba warnai objek dengan warna Cyan, cara mewarnai mudah dengan mengklik warna sesuai keinginan pada Color Pallate, Klik kanan untuk mewarnai objek dan Klik Kiri untuk mewarnai outline. Jika ingin menghilangkan outline, klik kiri pada color pallate paling atas (tanda silang), biasanya Color Pallate terletak pada samping kanan lembar kerja Corel Draw.


Gambar : Ikon Alamat (Place)

8.   Selanjutnya kita buat ikon Telepon, buat persegi panjang dengan Rectangle Tool (F6), lalu ubah ketumpulan sampai 20 derajat sudut dengan mengklik Shape Tool (F10),















9.   Buat lagi objek persegi lebih kecil untuk layar Teleponnya dan ubah sudutnya menjadi tumpul seperti cara diatas. Seleksi dua objek yang baru dibuat, lalu Klik Back Minus Front untuk memotong objek tengah.
10. Selanjutnya kita buat tombol-tombol kecil untuk Teleponnya, buat persegi sama sisi dengan Alat Rectangle Tool (F6), agar bentuk objeknya sama sisi (proporsional) tekan tobol Ctrl sambil mendrag objek persegi yang dibuat. Kemudian ubah sudut perseginya menjadi agak tumpul dengan Shape Tool (F10), buat ketumpulan sedutnya menjadi 45 derajat.
11. Duplikat  objek  yang  baru  dibuat  di  langkah  10,  caranya  drag  objek  ke  samping  sambil menekan tombol Shift, lalu klik kanan, atau jika kesulitan tinggal klik kanan pada objek , pilih copy dan paste, duplikat objek sampai seperti gambar di bawah.

12. Langkah selanjutnya kita gabungkan objek yang baru diduplikat, Seleksi objek diatas lalu klik
Weld untuk menggabungkannya.
13. Buat antenna Telepon dengan objek persegi panjang dan elips seperti gambar di bawah;


14. Lalu gabungkan dengan Weld, jika sudah, seleksi objek antenna yang baru dibuat dengan telepon, lalu gabungkan lagi dengan Weld sampai membentuk objek ikon sempurna seperti gambar dibawah, hasilnya kurang lebih seperti ini :

Gambar : Ikon No.Kontak (Phone)

15. Terakhir, kita akan membuat ikon Email, biasanya berbentuk Surat, Caranya mudah, Buat Segitiga dengan Polygon Tool (Y), kemudian duplikat objek segitiga yang baru dibuat untuk dicadangan.
16. Buat objek Persegi dengan ukuran panjang sama dengan objek segitiga yang dibuat pada
langkah 15, lalu tempatkan objek segitiga pada bagian atas Persegi seperti gambar dibawah ini
17. Kemudian seleksi kedua objek, lalu Potong dengan Back Minus Front sampai membentuk potongan objek seperti gambar di bawah


18. Ambil objek segitiga yang sebelumnya dicadangkan pada langkah 15, tempatkan pada bagian atas persegi yang sudah terpotong sehingga membentuk ikon surat.

19. Jika terlihat agak kurang rapi, anda bisa mengubah ukuran segitiga sesuai dengan keinginan, seperti memperkecil, mendragnya agak ke bawah atau sebaliknya sampai membentuk ikon Email yang terlihat bagus. Bila sudah terlihat rapi Lalu seleksi kedua objek tersebut, dan gabungkan dengan Weld.
20.  Warnai ke tiga ikon yang kita buat sesuai dengan keinginan (kali ini saya memilih warna cyan
sebgai latar belakang warna dan putih sebagai warna ikonnya), jika ingin bisa ditambahkan teks dibawahnya sesuai dengan nama ikon yang dibuat.




Dengan ikon memang sesuatu apapun, baik itu kartu nama, brosur ataupun web akan terlihat menarik dan punya nilai lebih daripada teks biasa, sebagai contoh, coba bandingkan antara desain kartu nama yang dibuat menggunakan ikon dengan kartu nama tanpa ikon.

C.  Desain Teks Sederhana

Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk membuat teks sederhana bergaya tipografi, hanya saja menempatan  kata  dan  pengaturan  besar  kecil  saja  yang  dibutuhkan,  membuat  teks  sederhana bertipe tipografi hanya membutuhkan Text Tools.

1.   Pada "Tools Box" pilih "Text Tool" kemudian pada pilihan font, pilih font terserah anda. tapi kami merekomendasikan anda untuk memakai font "Bebas Neue" karena font ini sangat cocok sekali digunakan untuk desain teks sederhana.


























2.   Buatlah kata seperti gambar diatas Perkata (tidah digabung) yang nantinya akan kita tata dan membentuk Tipografi sederhana.
3.   Kemudian kita akan menata dan mengatur ukuran besar kecil kata seperti gambar dibawah ini
4.   Untuk  membuat  penataan  kata  diatas  menjadi  lebih  artistik  gunakan  tools  "Angel  of rotation", blok semua objek font tersebut > pada menu tool "Angel of rotation" isi dengan angka "20" yang artinya objek akan diputar dengan kemiringan 20 derajat.































5.   Agar desain teks diatas terlihat lebih menarik tambah kan beberapa aksesoris lainnya seperti background dan sedikit tambahan "Rectangle Tool". kurang lebih tampilan nya akan menjadi seperti gambar dibawah ini.
D. Pembuatan Kartu Nama



1.   BukaCoreldraw - New - Buatlah kotak menggunakan Rectangle Tool dengan ukuran 9 x 5,5 cm (salah satu ukuran standart kartu nama).

2.   Klik pada objek kotak menggunakan Pen Tool kemudian perhatikan properti bar diatas,Pada propertis Corner Roundness ganti 0 menjadi 5 yang bertujuan agar sisi pojok pada kotak agar lebih melengkung.
Properties Pen Tool

3.   Klik Fill Tool - Pilih Fountain Fill Dialog (menberikan warna gradient pada objek)

Setelah itu Muncul Panel seperti berikut:
























Pengaturan Fountain Fill

Ganti beberapa propertis yang diberi tanda diatas :
- Type : Gradient
- Angle : -90
- From : Blue
- To : Cyan
- Tekan tombol OK
4.   Butlah persegi panjang (kotak dengan garis kuning) dengan menggunakan BEZIER TOOL, ngga membentuk objek seperti gambar dibawah ini:
Sehi


















5.        Klil Pada SHAPE TOOL          kemudian Blok Objek (1) > KLIK KANAN – TO CURVE (agar garis tersebut dapat dilengkungkan)

















6.   Tarik Garis Lurus tersebut hingga melengkung sesuai dengan keinginan anda.

Beri warna pada objek tersebut sesuai keingginan anda.
7.   Pilih INTERACTIVE TRANSPARENCY TOOL untuk memberikan efek transparan pada objek (1)




Klik  pada  Objek  1  kemudian  Tarik  Garis  hingga  membentuk  transparansi  objek  seperti dibawah ini:


9. Kemudian buat 2 garis Lurus menggunakan BEZIER TOOL seperti gambar dibawah dan ulang efek seperti langkah di atas.


10. Terakhir tambahkan Teks sesuai dengan apa yang ingin anda isikan dalam kartu nama tersebut..hingga menjadi kartu nama yang simpel tp bermutu.

Ini adalah salah satu contoh, namun Anda bisa berimprovisasi sendiri:

E.  Langkah-langkah Membuat Stempel Pada CorelDraw x4

Dalam kehidupan sehari-hari menurut saya istilah stempel sudah tak asing lagi kita dengar, nah  kali  ini  saya  akan  memberikan  beberapa  langkah  cara  pembuatan  Stempel  pada CorelDRAW khususnya X4,  adapun langkah-langkahnya adalah :

1.   Langkah pertama bukalah Aplikasi CorelDRAW dalam komputer anda dan buat new blank dokumen sebagai tempat untuk membuat desain stempel   langkah selanjutnya, buatlah objek berbentuk lingkaran dengan diameter 35 mm


2.   Gandakan lingkaran tersebut dengan cara meng-Copy kemudian ubah diameter lingkarannya menjadi 23 mm.


3.   Langkah berikutnya, buat guide untuk teks dengan cara copy lagi bentuk lingkaran yang kecildan rubah diameternya menjadi 25 mm, untuk garis yang ini beri warna merah dengan cara klik kanan pada warna merah pada color palette.
4.   Untuk lingkaran yang ke tiga kita hanya butuh 3/4 dari seluruh lingkaran merah, nah unntuk membuatnya menjadi seperti yang kita butuhkan caranya, aktifkan lingkaran merah tersebut kemudian pada property bar klik bentuk Arc, seperti yang ditunjukan gambar berikut.


5.   Selanjutnya, gandakan lingkaran yang bergaris merah kemudian tarik menggunakan shape
Tool sehingga posisinya seperti gambar yang kami tunjukan berikut


6.   Untuk sekarang kita Ketik Teks : CV. WAHANA JAYA KOMPUTER, dengan menggunakan hurup type IMPACT dengan ukuran Size 12 (atau dapat disesuaikan).


7.   Langkah selanjutnya, aktifkan teks tersebut dan klik menu TEXT -- Kemudian Fit Text To
Partlalu klik garis lingkaran merah atas.


8.   Prinsip yg sama buat lagi Teks dengan format LANGKAT dan masukan ke garis merah bawah



9.   Untuk teks bagian yang ada dibawah  posisinya menghadap ke atas.




10. Hilangkan garis merah dengan cara mengklik kanan color putih x pada color palete.


11. Hiasi gambar stempel yang sudah anda buat dengan  asesoris tambahan.


12. Terakhir, berikan teks dengan format WJC dan masukan di tengah.









Hasilnya.
F.  MEMBUAT UNDANGAN DENGAN COREL DRAW X4
Bagian Luar

1.  Langka pertama, buat object kotak dengan Rectangle tool pada Toolbox;



2.  Tekan tombol plus (+) pada Numpad atau Copy Paste untuk menggandakan object kotak, kemudian dengan tekan Shift dan Drag (geser) ke dalam untuk mengecilkan object kotak;


3.  Beri warna abu-abu (Fiil) pada object kotak luar dan beri warna putih (outline) pada object kotak yang dalam;



4.  Selanjutnya Import (Ctrl+I) file foto Undangan ****.jpg”, kemudian atur posisi foto.

5.  Beri sedikit efect transparan pada sisi kanan foto dengan maksud untuk menghilangkan kesan perpotongan;


6.  Select (pilih) kotak yang kecil (border) dan pada Toolbox pilih Shape tool, pada menubar pilih Windows Docker   Fillet/Scallop.  Setelah keluar  jendela  Fillet/Scallop/Chamfer.  Apply tombol untuk Scallop.


7.  Ketik teks dengan Text tool (artistic) yang diperlukan dan atur besarnya, dan buat lagi kotak agak kecil lagi untuk penempatan nama
8.  Maka  hasilnya  akan seperti  gambar  dibawah,  dan untuk  isi  silahkan  kembangkan  sendiri, disarankan dan pengetikan isi menggunakan Artistic Text bukan Paragraph Text.

 Bagian Dalam
1.   Aturlah Lembar kerja, pilihlah F4 pada Property Bar: Multyple Object, seperti ini:
2.   Klik Landscape (mendatar) pada Property Bar. Klik 2 kali pada Rectangle tool pada toolbox
3.   Select object tersebut kemudian aturkan persegi dengan 21,0 cm x 12,5 cm, sebagai berikut:

4.   Untuk menghasilkan kertas lipat, caranya:
a.  Select object >> Arrange >> Transformations >> Position, seperti gambar ini:
b.  Check kanan atau kiri pada Relative Position, kemudian klik Apply to Duplicate, maka hasilnya:


c.  Select two object (maksudnya pilih kedua persegi tersebut) >> Arrange >> Group
d.  Kemudian Arrange >> Align to Distribute >> Center to Page Horizontally lalu diulangi lagi     >>Arrange  >>  Align  to  Distribute  >>  Center  to  page  vertically,  sehingga  kedua persegi tersebut berada di tengah lembar kerja.

5.        Untuk memperindah undangan yaitu transparansi objek dengan cara   Select object >> klik Transparency tool di toolbox >> klik dari atas tengah objek ke bawah tengah object (atau sesukamu baik dari bawah ke atas, dari kanan ke kiri, dari kiri ke kanan maupun diagonal).
6.  Untuk memperindah hiasan pada bagian dalam terutama corner   Klik Text pada Menu Bar Text>> Insert Symbol Character atau dengan dengan mencoba pembuatan ornamen pada Modul II. Contoh hasilnya seperti:
7.   Untuk  mengisi  kalimat  atau  teks  dengan  paragraph  teks  yang  berisi  kapan  yang  akan diadakan pernikahan, Iqbal Qobul atau lainnya. Anda bisa mengklik Text Tool pada Toolbox
>> Klik dan drag pada area kerja, ketik teks paragraph tersebut. Hasilnya seperti ini:

Disarankan agar semua hiasan, huruf, warna atau lainnya, Anda bisa atur sesuai dengan kesukaan anda. Bahkan Anda bisa menambah gambar apapun dengan meng Import gambar (Ctrl+I).
Latihan.

1.        Buatlah  Desain  Kartu  Nama  sebanyak  2  buah  (Kartu  nama  Pribadi  dan  Kartu  Nama
Perusahaan Anda (rekayasa/bebas).

*Untuk Kartu Nama Pribadi anda gunakan logo kelas yang anda buat sebelumnya.

Contoh

2.   A. Buatlah desain stempel dibawah ini




B. Buatlah lah desain stempel untuk perusahaan anda dengan bentuk objek segita atau segilima atau segienam (tidak berbentuk lingkaran/persegi).

3.   Desainlah sebuah undangan untuk Pernikahan dan Ulang Tahun anda atau keluarga anda berikut dengan fotonya.
Page 1 Desain Cover + Page 2 Desain Isi

Kumpulkan dalam format Folder Berisikan Nama.Nim.Kelas

a.    Format FileNamafile.cdr dan NamaFile.png. kemudian di .Rar/.Zip


0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com